Berita

Pelatihan dan Upgrading Tilawati: Menguatkan Program Baca Alqur'an di SDIP


Tangerang Selatan, 06 Agustus 2022: Seluruh dewan guru Sekolah Dasar Islam Pembangunan (SDIP) mengikuti pelatihan membaca Alqur'an dengan menggunakan metode tilawati. Kegiatan yang bertempat di gedung SDIP ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 06/08/2022. Bapak Afif Abdul Latif, selaku ketua laboratorium Agama pada Madrasah dan Sekolah Islam Pembangunan (MP & SIP) mengatakan bahwa setiap guru yang mengajar di lingkungan MP dan SIP harus mampu mengajarkan Alqur'an kepada seluruh peserta didik apapun latar belakang keilmuan yang dimiliki. Selanjutnya pada kesempatan ini tim tilawati Madrasah Pembangunan (MP), Ibu Sri, Bapak Mumu bertindak selaku pelatih sementara Bapak Nurochman bertindak selaku penguji (munaqis).   


Metode Tilawati adalah tehnik membaca Alqur'an dengan menggunakan nada Ros. Sehingga dengan metode ini, para peserta didik diharapkan senang dan menikmati proses belajar membaca Alqur'an.


Jalannya Pelatihan

Diawal sesi pelatihan, para peserta diperkenalkan metode tilawati. Hal ini bertujuan untuk memberikan pondasi wawasan kepada seluruh peserta pelatihan mengenai metode tilawati. Strategi mengajar, dan Micro Teaching menjadi rangkaian berikutnya yang dilaksanakan pada program ini. Adapun yang menjadi rangkaian terakhir pada pelatihan tilawati adalah ujian (Munaqosah). 


Pelatihan dan Upgrading tilawati ini dilaksanakan untuk menjaga qualitas pengajaran membaca Alqur'an di SDIP.  Disamping itu kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat visi  SDIP sebagai lembaga pendidikan yang didirikan untuk membentuk peserta didik yang berkarakter. Dengan demikian diharapkan salah satu  profile lulusan SDIP yaitu tartil dan terampil membaca Alqur'an dapat terwujud. (ama)