Berita

Hybrid Learning di Sekolah Dasar Islam Pembangunan (SDIP)


Tangerang Selatan, 25 November 2021: Sekolah Dasar Islam Pembangunan (SDIP) mulai melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada tanggal 18/11/2021. PTMT SDIP dilaksanakan dua kali dalam satu minggu yaitu pada hari Selasa dan Kamis. PTMT di SDIP bergulir setelah melalui dua tahapan: (1). Verifikasi oleh Dinas Pendidikan Kesehatan (DinKes) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DinDikBud) kota Tangerang Selatan; (2). Penyusunan program pembelajaran PTMT dibawah pengawasan Tim Ad-Hoc PTMT yang dibentuk oleh Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta.  Dua tahapan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan protokol kesehatan  serta model pembelajaran yang akan digunakan pada masa PTMT di SDIP.


Untuk model pembelajaran di masa PTMT, Sekolah yang berlokasi di Pamulang Barat ini menggunakan Hybrid Learning. Hybrid Learning adalah  sebuah model pembelajaran yang menggabungkan proses pembelajaran secara face to face (f2f) dan daring. Model pembelajaran ini dipilih untuk memberikan pelayananan proses Kegiatan Belajar dan Mengajar  (KBM) yang sama kepada seluruh peserta didik. Dengan kata lain pada hari dan waktu yang sama, peserta didik yang masih memilih untuk belajar di rumah akan mendapatkan porsi pembelajaran yang sama dengan peserta didik yang belajar di sekolah secara langsung.  


Dukungan infrastruktur berupa perlengkapan teknologi dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini para tenaga kependidikan dan pendidik yang memiliki kapasitas dalam menggunakan teknologi  dan menguasai model pembelajaran menjadi modal utama yang dimiliki oleh SDIP dalam mensukseskan proses KBM secara Hybrid. Selanjutnya proses pelaksanaan Hybrid Learning  akan terus menerus dievaluasi secara berkala untuk mendapatkan bentuk KBM Hybrid yang ideal. 


Semoga melalui ikhtiar ini, kualitas pendidikan dasar Islam di Tangerang Selatan khususnya dan Indonesia pada umumnya tetap bisa terjaga. (ama)