Berita

Tour de Bank CIMB 2023: Peserta Didik SDIP Belajar Mengelola Keuangan


Tangerang Selatan - SDIP News: SD Islam Pembangunan (SDIP) bersama dengan CIMB Niaga mengadakan program pengenalan Literasi Keuangan dalam agenda CIMB Goes to School, Tour de Bank (TdB) CIMB Niaga 2023 . Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis 16/03/2023 ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada seluruh peserta didik SDIP sejak dini mengenai manfaat pengelolaan keuangan. Rangkaian Tour de Bank CIMB Niaga 2023 dibersamai sampai akhir oleh perwakilan dari CIMB Niaga, Komite SDIP,  serta seluruh Jajaran Pimpinan dan dewan guru SDIP. Kegiatan ini bersifat partisipatif dimana SDIP sebagai salah satu sekolah dasar perwakilan dari kota Tangerang Selatan berpartisipasi pada program yang digulirkan oleh CIMB.  


Jalannya Kegiatan

Pre-test dan Post-test

Penampilan peserta didik SDIP mengawali rangkaian kegiatan Tour de Bank CIMB Niaga 2023. Selanjutnya Kepala SDIP, Komite SDIP, dan Perwakilan dari CIMB Niaga, Ibu Retri, menyampaikan sambutan pada acara pembukaan.  Agenda diteruskan dengan pre-test. Hal ini dilakukan untuk mengukur pengetahuan awal peserta didik mengenai wawasan pengelolaan keuangan. Untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai pengelolaan keuangan, peserta didik selanjutnya diajak menonton video edukasi mengenai pengelolaan keuangan yang kemudian diakhiri dengan post test. 


Zona Edukasi 

Setelah mengikuti post-test, seluruh peserta didik secara berkelompok dan bergiliran mengunjungi zona-zona edukasi. Adapun zona-zona edukasi yang hadir pada Tour de Bank CIMB Niaga 2023  adalah: Zona Tania dan Pandu Game, Zona Lingkungan Hidup, dan Zona Mobil Kas. Pada Zona Tania dan Pandu Game peserta didik diedukasi mengenai manfaat menabung melalui permainan game berbasis aplikasi. Pada Zona Lingkungan Hidup peserta didik diedukasi menjaga alam untuk keberlangsungan kehidupan. Sementara pada Zona Mobil Kas peserta didik mendapatkan pengalaman secara langsung bertemu dan berkomunikasi dengan customer service dan teller serta wawasan mengenai ATM. 


Agenda Tour de Bank CIMB Niaga 2023 di SDIP dinilai berhasil karena seluruh peserta didik bisa mengikuti dan menikmati proses pengalaman belajar dalam kondisi menyenangkan dari pagi sampai siang. Ali salah satu peserta didik SDIP kelas tiga mengungkapkan rasa senangnya dalam mengikuti rangkaian acara. Demikian pula Gendis, salah satu peserta didik SDIP kelas satu mengungkapkan bahwa acaranya menyenangkan dan seru.  Semoga ilmu dan pengalaman yang didapat memberikan pengalaman yang berdampak dan bermanfaat. (ama)