Berita

Students' Conference (SC): Ajang Silaturrahim dan Berbagi Pengalaman Peserta Didik SDIP


Tangerang Selatan, 12 November 2021: Seluruh peserta didik SD Islam Pembangunan (SDIP) kelas satu dan dua mengikuti agenda Students' Conference (SC) secara virtual. Agenda ini merupakan salah satu program unggulan turunan yang dikembangkan di SDIP yaitu Buddy in School (BIS).  Seluruh dewan guru SDIP bertindak sebagai mentor, peserta didik kelas dua bertindak sebagai narasumber SC, dan peserta didik kelas satu sebagai peserta.  


Jalannya Kegiatan  

Pada 12/11/2021, seluruh peserta didik SDIP, kelas 1 dan 2, berkumpul secara virtual dalam satu ruangan zoom untuk melaksanakan shalat Duha termonitor yang dipandu oleh wali kelas. Setelah pelaksanaan shalat Duha selesai,  peserta didik dibagi ke dalam beberapa breakoutroom. Masing-masing breakoutroom terdiri dari satu mentor, beberapa peserta didik kelas satu dan dua. 


Tim guru yang bertindak sebagai mentor mengatur alur kegiatan SC. Pada kegiatan ini, mentor meminta peserta didik kelas satu untuk menyampaikan rencana project yang akan dibuat pada program Integrated Project Based Learning, I-PjBL. Setelah itu peserta didik kelas dua menceritakan pengalaman dan menyebutkan berbagai bahan yang diperlukan ketika membuat project yang telah dilaluinya ketika kelas satu.  Disamping itu para narasumber juga menyampaikan berbagai kendala  yang dihadapi beserta solusinya. Muhammad Ali Ibrahim, salah satu peserta didik kelas dua menyampaikan pesan untuk berhati-hati ketika menggunakan gunting. Selanjutnya seluruh peserta didik bersama-sama melakukan kegiatan membuat bangun datar, mengguntingnya lalu kemudian berimajinasi menggabungkan bangun datar tersebut menjadi satu benda.


Melalui kegiatan ini, diharapkan terjadi interaksi positif antar peserta didik SDIP lintas kelas. Disamping itu diharapkan juga terjadi transfer pengalaman dalam proses pembuatan project. Khusus kelas dua, kegiatan ini bertujuan untuk membangun tingkat percaya diri dalam berkomunikasi dengan siapapun. Program ini merupakan bentuk refleksi dari dua profil lulusan SDIP yaitu mampu berkomunikasi dengan siapapun dan mampu menghargai dan menghormati guru dan antar sesama peserta didik. (red: ama) 


Berita Terkait:

1. Integrated Project Based Learning (IPjBL): Menjodohkan Rumah Fisik dan Rumah Spirit
2. Diorama Bhineka Tunggal Ika: Hasil Kreatifitas dan Olah Fikir Peserta Didik SDIP
3. Pelatihan Penggunaan Google Slide bagi Peserta Didik Kelas 2 SD Islam Pembangunan