Berita

Virtual Drama - Bersuka Cita Menyambut Bulan Suci Ramadhan


Tangerang Selatan - SDIP News: Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H, seluruh peserta didik Sekolah Dasar Islam Pembangunan (SDIP) unjuk kemampuan dalam bermain peran pada kegiatan “Virtual Drama”. Kegiatan ini dilaksanakan pada acara pembukaan “Funsantren Ramadhan SDIP” yang diadakan pada Kamis, 07/04/2022 yang bertepatan dengan 3 Ramadhan 1443 H. Direktur Madrasah dan Sekolah Islam Pembangunan, Bapak Dr. H. Bahrissaliim, MA beserta jajaran, pimpinan unit, dewan guru, koordinator Komite SDIP beserta jajaran dan seluruh orang tua peserta didik dari kelas 1 sampai kelas 2, hadir pada pembukaan dan menyaksikan pertunjukan Virtual Drama. 

Tujuan diadakannya Virtual Drama ialah untuk membuat seluruh peserta didik bergembira menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Dengan demikian diharapkan seluruh peserta didik dapat menjalani ibadah puasanya dengan penuh antusias dan semangat.


Konsep Baru Virtual Drama

Virtual Drama yang dilaksanakan tahun ini menunjukan konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya. Di tahun pertama, Virtual Drama dilakukan secara full daring melalui aplikasi Zoom. Sedangkan di tahun ini, Virtual Drama menggunakan konsep hybrid sehingga jauh lebih segar dan inovatif.  Hampir seluruh peserta didik hadir untuk pengambilan gambar di sekolah, sedangkan yang tidak bisa hadir karena alasan kesehatan, tetap bisa ikut berpartisipasi dan berkreasi bersama teman-teman via daring melalui aplikasi zoom. Konsep yang digunakan saat ini merupakan bentuk adaptif dari kondisi pandemi yang semakin melandai. 


Buddy in School (BIS)

Seluruh peserta didik dibagi kedalam dua kelompok besar. Pembagian kelompok ini dilakukan karena terdapat dua tema drama yang berbeda yaitu; (1). “Godaan di Bulan Ramadhan”; dan (2). “Bangkitnya Naga Hitam”. Dalam komposisinya, setiap kelompok terdapat kelas satu dan kelas dua. Adapun komposisi pembagian kelompok ini bertujuan agar terciptanya interaksi positif dan terbangunnya jiwa kolaboratif antar kelas satu dan dua.  Disamping itu tujuan lain dari pembagian kelompok ini juga sebagai pelaksanaan program unggulan SDIP yaitu Buddy in School (BIS). Program ini bertujuan untuk membentuk rasa persaudaraan dan kasih sayang yang kuat antar sesama peserta didik dari semua jenjang kelas yang ada SDIP. (ys)