Berita

Dedikasi dan Guru Inspiratif yang Gemilang Hadir di SD Islam Pembangunan (SDIP)


SD Islam Pembangunan (SDIP) menorehkan prestasi dengan kehadiran, Ms. Rafika Nur Hapsari atau yang akrab disapa Ms. Fika, seorang guru inspiratif yang berprestasi. Ms. Fika adalah salah satu guru di SDIP yang mengampu pelajaran Sains, Matematika, dan PKn di kelas 2. Semangatnya tak surut untuk mengikuti beberapa kompetisi tingkat nasional 2024, antara lain Kompetisi Sains Hardiknas Nasional (KSHN), Nusantara Science & Social Studies Challenge (NSSSC), Olimpiade Sains dan Statistika Nasional (OSSN), dan Indonesian Youth Science and Health Olympiad (IYSHO). Dari kompetisi-kompetisi ini, Ms Fika berhasil meraih medali emas dan menjadi juara di bidang IPA.


Ms. Fika menyatakan bahwa motivasinya untuk mengikuti kompetisi berasal dari peserta didiknya. Sebagai pembina persiapan lomba, ia merasa penting untuk memberikan contoh yang baik agar peserta didik semakin termotivasi. Awalnya, Ms. Fika mengukur dan menguji kemampuannya sendiri. Ketika ia mendapatkan medali emas dan menjadi juara pertama, ia semakin tertantang untuk mencoba kompetisi lainnya. Hasilnya, ia meraih beberapa penghargaan sebagai juara 1 dan peraih medali emas. Selain menjadi pendamping lomba, Ms. Fika juga mengajar di bimbingan belajar tingkat SMP dan SMA. Di sana, ia mengulang kembali materi yang sudah dipelajari sambil mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi.


Ms. Fika memberikan motivasi kepada rekan-rekan guru, “Semangat kepada guru-guru lainnya, mari mencari pengalaman kompetisi sesuai dengan bidangnya masing-masing agar kita bisa menjadi contoh yang baik sekaligus motivator untuk peserta didik kita. Saya yakin di SDIP terdapat banyak guru hebat dan berprestasi”. [RNF]